Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat secara cepat dan aman?

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Anda tidak perlu berkecil hati ketika jerawat yang timbul mulai meninggalkan bekas bopeng. Pasalnya ada banyak cara untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencegahnya bertambah banyak.

Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat secara cepat dan aman :

1.  Cream penghilang bekas jerawat (Kortison dan Krim fade)

Gunakan krim kortison untuk menghilangkan bekas luka yang merah dan bengkak. Krim kortison tersebut akan diserap oleh sel-sel kulit dan mengurangi bengkak. Krim Kortison dapat dibeli di apotik tanpa resep dari dokter.

Krim fade adalah krim berfungsi menyamarkan bekas jerawat yang menghitam. Krim fade yang paling populer adalah hydroquinone. tetapi penggunaan hydroquinone dapat menyebabkan iritasi dan karsinogenik.

Alternatifnya dapat menggunakan bahan-bahan lain yang bisa dibeli tanpa resep dokter seperti kojic acid(Lightener kulit alami dari ekstrak jamur), arbutin(ekstrak bearberry) dan vitamin C.

2. Laser dan Filler treatment

Untuk bebas jerawat yang membandel dan tidak hilang sendiri, anda dapat konsultasi ke dokter kulit untuk melakukan Laser resurfacing. Laser resurfacing dapat dilakukan satu sampai tiga kali dengan menggunakan fractionated laser technology yang berguna untuk meningkatkan pembentukan kolagen baru. Kolagen adalah protein pembentuk jaringan kulit yang membantu memperbaiki dan mengisi bekas bopeng karena jerawat.

Laser dilakukan 2 tahap yaitu laser ablative dan laser non ablative.
Laser Ablative menguapkan bekas jerawat sehingga membuat kulit lebih halus alami, sedangkan laser non ablative membantu mengaktifkan produksi kolagen tanpa merusak kulit.

Filler treatment adalah cara menyamarkan bekas-bekas jerawat pada wajah sehingga tampak halus alami. Ini adalah pilihan yang baik untuk orang yang ingin menghilangkan bekas-bekas jerawat tanpa prosedur invasif seperti bedah kecantikan tradisional/facelift. Prosedur ini bekerja dengan mengisi daerah-daerah yang bopeng untuk mengembalikan volume dan kekencangan natural wajah. Walaupun hal ini tidak memberikan hasil permanen, filler treatment memberikan cara yang lebih sederhana, aman, dan murah untuk tampak lebih muda.

Pengobatan Filler dengan cara disuntikkan pada kulit yang bermasalah sehingga tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama. Pasien dapat kembali pada rutinitas pasca prosedur, selama mereka menghindari aktivitas berat dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Gejala pasca prosedur diperkirakan akan hilang setelah beberapa hari.

 

3. Kesabaran

Kunci utama dalam menghilangkan bekas jerawat adalah kesabaran. Sebab beberapa minggu setelah bekas jerawat terbentuk, pembuluh darah baru juga terbentuk dan kemudian memberikan nutrisi kepada kulit untuk membentuk jaringan baru. Itulah kenapa kebanyakan bekas jerawat terlihat berwarna merah muda.

Setelah beberapa bulan kemudian, kolagen akan terbentuk sempurna dan mengisi bekas-bekas jerawat. Kemudian akan sembuh secara sempurna dalam waktu satu tahun dengan perawatan yang benar dan tepat.

4. Hindari Sinar matahari

Bekas jerawat yang terekspos sinar matahari dapat mengelap dan proses penyembuhan menjadi lambat. Karena Sinar ultraviolet pada matahari merangsang melanosi yang membuat perubahan warna kulit secara signifikan.

Sebelum keluar, usahakan menggunakan sunblock spektrum luas dengan spf 30 atau lebih. Hal ini berguna untuk melindungi efek jahat dari sinar ultraviolet A dan sinar ultraviolet B. Gunakan setiap selesai berenang, berkeringat, dan lebih 2 jam di bawah sinar matahari.

Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari, khusunya jam 10:00-14:00, Pakailah pakaian pelindung, seperti kemeja lengan panjang, celana, dan topi bertepi lebar.

 

5. Jangan ditekan dan dipijit

Bekas jerawat sebaiknya tidak ditekan dan dipijit, sebab bekas jerawat terdiri dari kolagen dan tubuh memiliki cara sendiri untuk menyembuhkannya. Bekas jerawat yang kekehilangan kolagen akibat peradangan akan menjorok keluar.

Menekan dan memijit akan menyebabkan nanah dan membuat bakteri masuk ke dalam kulit yang kemudian merusak kolagen itu sendiri

Hilangijerawat.com

 

 

6. Jangan menggunakan Vitamin E

Anda mungkin sering mendengar bahwa menggunakan vitamin E pada bekas luka akan membantu proses penyembuhan. Faktanya sebuah penelitian dari University of Miami, menyebutkan nutrisi langsung ke bekas luka dapat menghambat penyembuhan. Dalam penelitian tersebut, penggunaan vitamin E pada bekas luka tidak berpengaruh apa-apa, bahkan 90% pasian malah memburuk. Dan 30%nya menjadi bermasalah pada kulit.

Demikianlah cara menghilangkan bekas jerawat secara aman dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.